Selayang Pandang

Ma’had Aly merupakan perguruan tinggi keagamaan islam yang menyelenggarakan pendidikan akademik dalam bidang penguasaan ilmu agama islam (Tafaqquh fiddin) berbasis kitab kuning yang diselenggarakan oleh pondok pesantren. Ma’had Aly juga merupakan pendidikan lanjutan dari pendidikan formal yang setara dengan tingkat sarjana S1. Tujuan dibentuk pendidikan ini adalah menciptakan lulusan yang ahli dalam bidang ilmu agama Islam (mutafaqqih fiddin), dan mengembangkan ilmu agama Islam berbasis kitab kuning.

Ma’had Aly Balekambang didirikan pada tahun 2017 dibawah naungan Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadiin Balekambang Gemiring Lor Nalumsari Jepara yang juga mengelola Pendidikan Formal dan Non Formal, diantaranya: Madrasah Salafiyyah, Tahfidzul Qur’an, MI, MTs, MA, SMK, dan Akademi Komunitas Balekambang (D2).

Pada Tahun Akademik 1438/1439 H ini, Ma’had Aly Balekambang menyelenggarakan satu Program Studi Al -Hadits Wa Ulumuhu (Hadits dan Ilmu Hadits). Ma’had Aly Balekambang telah menerima SK Izin Pendirian dan No. Statistik dari Menteri Agama. Dengan kehadiran SK tersebut sekaligus memastikan legalitas Ma’had Aly Balekambang dalam sistem pendidikan nasional yang setara dengan lembaga pendidikan tinggi agama dan umum baik dalam pengakuan, status, lulusan maupun perhatian pemerintah terhadap keberlangsungan dan pengembangannya.

A. PROGRAM STUDI
Ma’had Aly Balekambang pada tahun akademik 1438/1439 H (2017/2018 M) menyelenggarakan satu (1) program studi Al -Hadits Wa Ulumuhu (Hadits dan Ilmu Hadits). Program studi ini bertujuan;

  1. Membentuk sarjana Islam yang berkompeten dalam ilmu Agama Islam, ahli dalam menggali serta mengembangkan nilai-nilai khasanah keislaman, terampil menerjemahkan dan berkomunikasi dalam bahasa Arab dan Inggris.
  2. Mengkondisikan mahasantri dalam suasana belajar yang dapat melahirkan ulama’ yang mampu memecahkan masalah-masalah keagamaan secara tepat sesuai dengan perkembangan zaman.
  3. Menanamkan sikap dan kemampuan maha-santri agar memiliki sifat saleh (Akhlaq al-Karimah) dan kepakaran (Ulum an-Nafi’ah).

B. KURIKULUM
Kurikulum Ma’had Aly disusun sesuai dengan tujuan pendidikan, yaitu mengkaji bidang studi Agama Islam dengan program kekhususan ilmu yang terbagi dalam 3 muatan kurikulum, yaitu:

  1. Unsur yang membangun kemampuan dasar keilmuan Islam yang tercermin dalam Mata Kuliah Dasar (MKD)
  2. Unsur yang berfungsi untuk membangun kemampuan metodologis dan ketajaman analisis problematika keislaman, pengem-bangan keilmuan islam, yang tercermin dalam Mata Kuliah Utama (MKU)
  3. Unsur yang berfungsi untuk memperkaya, melengkapi, memperlancar dan meman-tapkan potensi yang tercermin dalam Mata Kuliah Pendukung (MKP).

C. DESKRIPSI PROGRAM PENDIDIKAN
Untuk mendukung tercapainya kualitas lulusan, mahasantri dibina secara terpadu oleh musyrif di asrama yang siap membantu mengembangkan bakat, minat serta kreatifitas mahasantri. Adapun proses belajar mengajar seluruhnya disampaikan dengan mengunakan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris dengan klasifikasi program belajar sebagai berikut :

  1. Dirasah Yaumiyyah disampaikan dengan metode :
    a. Ceramah dan dialog interaktif
    b. Pengajian model bandongan dan sorogan
    c. Studi kepustakaan literatur klasik keagamaan
    d. Tadris wa at-ta’lim
    e. Muhadatsah /Muhawaroh
    f. Penugasan penulisan ilmiah
  2. Kegiatan Ekstrakurikuler
    a. Mudzakaroh / kajian mendalam terhadap kitab-kitab tertentu untuk penguasaan bidang studi dengan bimbingan dosen bidang studi
    b. Masa’il Fiqhiyyah, Maudlu’iyyah dan Waqi’iyyah
    c. Bahtsul Masail
    d. Resimen Mahasiswa (MENWA)
    e. Pramuka
    f. Penerbitan
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *